Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW

Tradisi memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW telah dilaksanakan turun-temurun pada setiap tahunnya oleh umat islam. Maulid nabi sendiri adalah sebuah peringatan akan kelahiran Nabi Muhammad SAW yang menurut penanggalan hijriah jatuh pada 12 Rabiul Awal tahun gajah. Begitu pula di SMA Negeri 1 Rembang yang pada Kamis, 21 Oktober 2021 menggelar peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dengan tema Izinkan Kami Meneguk Syafaatmu, Duhai Nabi, dengan tujuan untuk meramaikan, meningkatkan iman, dan takwa serta sebagi pengingat akan hari kelahiran Rasulullah SAW. Namun, karena adanya pandemi COVID-19 yang masih berlangsung hingga sekarang, peringatan hari besar keagamaan islam ini diadakan secara sederhana dengan beberapa lomba dan pengajian.

Pengajian maulid nabi ini terlaksana dari pukul 13.00-15.30. Kegiatan berlangsung dengan serangkaian acara dimulai dari pengajian secara online di SMA 1 Rembang yang diikuti oleh beberapa guru, karyawan, panitia, dan peserta yang terdiri dari perwakilan dari tiap-tiap kelas yang beragama islam. Pengajian juga diadakan secara offline melalui media Zoom dan streaming lewat You Tube. Sudah pasti segala acara ini yang dilakukan secara offline di kegiatan ini diadakan dengan menerapkan pratokol kesehatan yang berlaku

Acara dimulai oleh pembawa acara dari panitia sebagi pembuka acara peringatan maulid nabi sekaligus acara sambutan yang dilanjutkan oleh Bu Endang Sri Lestari.

Dilanjutkan ke acara pembacaan ayat suci Al-Qur’an oleh M. Nazih.

Untuk mengisi acara yang selanjutnya Tim Hadroh SMANSA ikut andil dalam meramaikan kegiatan dengan memberi bacaan-bacaan shalawat sebelum menuju ke acara utama.

Acara utama yaitu tausiah tentang peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW  disampaikan oleh Ustad Muhammad Thohir yang kemudian ditutup dengan doa bersama.

Selain itu, ada pula lomba juga diadakan dalam rangka peringatan maulid nabi ini, terdiri dari dua lomba yaitu lomba shalawat dengan total hadiah Rp. 600.000,00 dan lomba kaligrafi dengan total hadiah Rp. 225.000,00.

Demikian jalannya pengajian dengan acara-acara yang bermanfaat lainnya dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW di SMA Negeri 1 Rembang. Walaupun terkesan sederhana namun dengan adanya acara peringatan Maulid Nabi Muhammad tahun ini dapat menjadi berkah dan manfaat bagi kita semua. Semoga kita semua termasuk golongan yang dapat syafaat dari Rasulullah SAW.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *