Peringatan Hari Kartini

Raden Ajeng Kartini Djojo Adhiningrat atau yang kerap disapa R.A. Kartini merupakan salah satu pahlawan nasional Indonesia. Lahir pada 21 April 1879 di Jepara, Kartini adalah pahlawan perempuan yang sangat terkenal di Indonesia khususnya di pulau Jawa. Beliau aktif menyuarakan kebebasan dan hak-hak bagi para perempuan di Indonesia yang pada saat itu derajatnya dianggap lebih rendah daripada kaum laki-laki. Selain menyuarakan kesetaraan bagi kaum perempuan, Kartini juga mendirikan sekolah bagi kaum perempuan pribumi agar mendapatkan pendidikan yang sama seperti pada kaum laki-laki.

Perjuangan Kartini tidak sia-sia, dari hari ke hari, rakyat Indonesia makin tersadar akan pentingnya pendidikan entah itu untuk pria atau wanita. Atas kegigihan Raden Ajeng Kartini yang telah memperjuangkan kaum perempuan, kini kaum hawa telah mendapatkan pendidikan yang layak dan setara. Dengan wawasan yang sangat luas, Kartini juga menghasilkan tulisan-tulisan tangan yang luar biasa salah satunya dimuat dalam buku yang berjudul “Habis Gelap Terbitlah Terang”. Kisah hidup beliau yang sangat menginspirasi tersebut juga banyak dibukukan serta difilmkan, di antaranya buku “Panggil Aku Kartini Saja” karya sastrawan Pramoedya Ananta Toer, Film “Surat Cinta untuk Kartini (2016)” dan “KARTINI (2017)”. Selain itu W.R Supratman yang biasa disebut sebagai Guru Bangsa Indonesia juga menciptakan lagu ‘Ibu Kita Kartini’.

Untuk mengenang jasa Raden Ajeng Kartini yang telah memerdekakan kaum perempuan, maka dikenanglah Hari Kartini pada setiap 21 April. Meski tidak ditetapkan sebagi hari libur nasional, rakyat Indonesia sangat menantikan hari Kartini yang biasa dimeriahkan lomba-lomba dan memakai pakaian adat (berkebaya).

Pada Hari Kartini tahun 2022, SMAN 1 Rembang ikut serta memperingati Hari Kartini dengan nama acara SKARDAY (Smansa Kartini Day). Skarday berlangsung pada 17 April 2022 sampai 23 April 2022. Event dari skarday sendiri adalah jelajah budaya, video dokumenter, video ucapan hari kartini, serta lomba baca surat kartini.

Jelajah budaya dilaksanakan dengan tujuan mengenang jasa R.A Kartini dengan datang ke makam dan museum beliau untuk mendoakan dan membuat video dokumenter.
Video ucapan hari kartini juga dilaksanakan oleh setiap kelas guna meningkatkan rasa nasionalisme serta mengenang dan menghargai perjuangan R.A Kartini. Video ucapan tersebut diunggah di media sosial kelas masing-masing.

Acara selanjutnya yang diikuti oleh perwakilan dari seluruh kelas adalah Lomba Baca Surat Kartini. Lomba ini diadakan di Hall depan sekolah, dengan hadiah piala kepada juara pertama, kedua, dan ketiga.

Demikian peringatan Hari Kartini yang dilaksanakan SMAN 1 Rembang. Semoga dengan peringatan Hari Kartini yang telah lalu maupun yang akan datang dapat memberikan manfaat dan mewujudkan generasi yang adil, mandiri, unggul dan berprestasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *