Penerimaan Tamu Penegak Ambalan (PTPA) 2022/2023

Acara Penerimaan Tamu Penegak Ambalam Kamajaya Kamaratih (PTPA) SMAN 1 Rembang untuk kelas X tahun pelajaran 2022/2023, yang diadakan tanggal 22-23 Juli 2022, tepatnya pada hari Jum’at dan Sabtu. Acara ini di tuju oleh siswa/siswi yang menjadi Tamu Penegak Ambalam Kamajaya Kamaratih.
Acara di laksanakan secara offline di lapangan basket SMAN 1 Rembang dan di lapangan utama. Acara dilaksanakan oleh seluruh anak kelas X bersama anggota Dewan Ambalan angkatan 59 dan dibantu oleh Dewan Ambalan angkatan 58 serta Pembina Pramuka SMAN 1 Rembang.
Yang pertama, acara dilaksanakan pada hari Jum’at tanggal 22 Juli 2022 pukul 13.30 WIB-selesai. Peserta harus masuk sebelum upacara akan dimulai. Banyak anak yang berangkat pukul 13.00, karena ada presensi dan pengisian lembar data KTA. Sebelum acara dimulai seluruh peserta mengikuti acara pembukaan di lapangan basket SMAN 1 Rembang. Tapi dikarenakan menunggu kakak panitia yang belum lengkap, jadi seluruh anak memasang tenda terlebih dahulu. Upacara dimulai pukul 13.50. Jumlah siswa yang hadir dalam kegiatan penerimaan tamu penegak ambalan ada 360 siswa dengan Dewan Ambalan beranggotakan 25 anak dan ditambah anggota pelaksana 10 anak. Peserta menggunakan Seragam Pramuka Lengkap (SPL). Pada saat outbound seluruh anggota menggunakan baju olahraga.
Acara dilaksanakan dengan lancar dan tertib. Sebelum dilaksanakan upacara pembukaan dan upacara pindah golongan akan dilaksanakan upacara adat terlebih dahulu, ditengah-tengah upacara pembukaan dan upacara pindah golongan ada pemaparan pionering. Lalu seluruh anggota berkumpul di lapangan basket untuk melihat pertunjukan Joget Komando (JOKOM) yang ditampilkan kakak-kakak angkatan 59, setelah JOKOM selesai akan ada pemberian materi yang berada di aula barat untuk anggota perempuan dan di aula atas untuk laki-laki. Peserta wajib membawa alat tulis dan buku tulis. Pembina menjelaksan materi sedangkan peserta mendengarkan dan bila ada pokok materi yang penting bisa di catat di buku tulis.
Setelah itu, dilakukan pendirian tenda kembali bagi sangga yang tendanya belum berdiri. Terakhir yaitu acara penutupan / apel pulang yang dilaksanakan pukul 16.15. Dikarenakan banyak anggota yang belum selesai dalam mendirikan tenda maka tidak ada apel penutupan. Jadi setelah semuanya berhasil medirikan tenda langsung diarahkan pulang oleh Pembina tanpa adanya upacara penutupan.
Yang kedua, acara dilaksanakan pada hari Sabtu tanggal 23 Juli 2022 pukul 07.00 WIB-selesai. Agenda pada hari Sabtu adalah jelajah, penurunan tenda dan upacara penutupan. Pada pukul 07.00 WIB, perwakilan dari anggota sangga untuk mengambil dan mengumpulkan absensi yang berada di ruang sekretariat. Selanjutnya, seluruh anggota penegak diberi instruksi untuk kumpul di lapangan utama dibagian sebelah barat. Setelah selesai pemberian instruksi, anggota penegak melakukan acara selanjutnya yaitu penjelajahan dengan beberapa pos, seperti pos sandi, morse, semaphore, PBB, halang rintang dan tanya jawab tentang ambalan serta kepramukaan.
Anggota penegak melakukan jelajah dibagi 2 arah (arah kanan untuk kartu warna kuning dan arah kiri untuk kartu warna merah). Sebelum jelajah, anggota per sangga menuju pos semaphore yang berada dilingkungan SMAN 1 Rembang. Lalu, anggota penegak malanjutkan jelajah diluar lingkungan SMAN 1 Rembang yaitu sekitar daerah kelurahan Magersari. Acara jelajah selesai sekitar pukul 10.45 WIB.
Setelah acara jelajah selesai, dilanjutkan acara ishoma. Lalu acara tarung yel-yel. Selanjutnya pemanasan dengan melakukan senam yang dipandu kakak-kakak Dewan Ambalan dan kakak Pembina untuk kegiatan outbound. Outbound dimeriahkan dengan berbagai permainan seperti, tarik tambang, estafet kardus, dan permainan air. Anggota penegak melakukan permainan tersebut bersama sangganya masing-masing.
Acara outbound selesai, seluruh anggota diarahkan untuk penurunan tenda, kemudian ganti baju menggunakan seragam pramuka lengkap guna akan melakukan upacara penutupan dan upacara adat, lalu pulang.
Acara PTPA berjalan dengan lancar, tertib dan memiliki kesan terhadap para anggota yang mengikutinya. Karena PTPA kali ini dilaksanakan secara offline tidak seperti dulu saat masih ada pandemi yang dilaksanakan secara online.
Di bawah ini beberapa foto kegiatan acara Penerimaan Tamu Penegak Ambalan (PTPA) secara offline di SMAN 1 Rembang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *