Sosialisasi SBMPTN 2019


Jum’at 22 Februari 2019, SMA Negeri 1 Rembang menyelenggarakan Sosialisasi Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) bagi kelas XII. Kegiatan yang diikuti oleh 316 peserta ini dimulai pukul 14.00 sampai dengan pukul 15.00, dibuka oleh Kepala Sekolah, Bapak M. Djupri, M.Pd., dan diisi oleh Dr. Aris Triwiyatno, ST., MT., dosen sekaligus salah satu penanggung jawab SBMPTN Universitas Diponegori (Undip) Semarang.

Kepala Sekolah Bapak M. Djupri, M.Pd. dalam pembukaan menyampaikan bahwa untuk menghadapi SBMPTN, siswa kelas XII harus mempersiapkan diri dengan baik. Persiapan tidak hanya teknis tetapi juga non teknis, termasuk menjaga kesehatan fisik dan mental. Untuk itu Kepala Sekolah menekankan kepada seluruh siswa agar lebih fokus pada proses akademik pembelajaran dan segera menyelesaikan segala persoalan yang mungkin mengganggu persiapan menghadapi berbagai ujian di akhir masa studinya (Ujian Praktik, USBN, UN dan SBMPTN).

Narasumber, Dr. Aris Triwiyatno yang juga merupakan Anggota Komite SMA Negeri 1 Rembang menyampaikan dua hal utama. Pertama; mengenalkan kampus Undip dengan segala pencapaian yang telah diraih. Kedua;  menyampaikan berbagai syarat dan ketentuan serta hal-hal yang mendukung kesuksesan dalam SBMPTN. Mulai dari pemilihan jurusan, kesiapan materi, kesiapan adminstrasi sampai pada strategi penyelesaian soal-soal SBMPTN. Disamping itu, Narasumber juga memberikan penguatan kepada anak-anak untuk terus berjuang dalam menggapai cita-cita.

Selanjutnya fasilitator kegiatan ini, yakni Koordinator guru Bimbingan Konseling (BK) SMA Negeri 1 Rembang, mendorong seluruh siswa kelas XII untuk terus aktif mencari informasi terkait studi lanjut dan selalu melakukan konsultasi, baik itu untuk penentuan jurusan berdasar potensi diri, maupun konsultasi terkait hal-hal lain menyangkut kesiapan dalam menghadapi SBMPTN dan Uijan masuk perguruan tinggi lainnya.

Leave a comment