21st Undip’s Mathematics Competition

SMA Negeri 1 Rembang melalui perwakilan siswanya mengikuti 21st Undip’s Mathematics Competition se- Jawa Tengah dan DIY. Kegiatan yang memang sudah berlangsung rutin tiap tahun ini diselenggarakan dalam dua tahap, penyisihan dan grand final. Penyisihan dilaksanakan pada tanggal 10 Februari 2019 dan dibagi dalam enam wilayah karesidenan, yakni Semarang, Pekalongan, Banyumas, Kedu, Surakarta dan karesidenan Pati. Sedangkan Grand Final dilaksanakan pada tanggal 24 Februari 2019 di Gedung Prof. Soedarto, S.H., Kampus Undip Semarang.

Pada penyisihan, SMA Negeri 1 Rembang mengirmkan 9 perwakilan yang 3 diantaranya lolos ke babak semifinal, yakni Dimas Ilham, Rafif Hasabi dan Ja’far Dwi Nugroho. Sementara keseluruhan peserta yang masuk semifinal adalah 66 orang, dimana untuk masuk ke final, peserta harus berada pada peringkat 15 besar.

Hasil akhir babak semifinal peringkat dari perwakilan SMA Negeri 1 Rembang adalah sebagai berikut :

  1. Dimas Ilham : 37
  2. Rafif Hasabi : 53
  3. Ja’far Dwi Nugroho : 57

Dari hasil tersebut, tahun ini perwakilan SMA Negeri 1 Rembang belum ada yang lolos ke babak final. Walaupun belum berhasil, pembina lomba, Ibu Siti Sriyatun, M.Pd., merasa cukup puas dengan pencapaian anak-anaknya. Hal ini karena memang target awal dari mengikuti lomba ini adalah untuk melatih siswa dalam berkompetisi serta mengukur kompetensi siswa untuk target selanjutnya yakni olimpiade matematika. Secara implisit pembina menyampaikan bahwa apapun yang telah dicapai tetap harus disyukuri, karena yang paling penting adalah siswa telah berusaha untuk mencapai satu prestasi.

Leave a comment