SMANSATIC

Hari Batik Nasional menjadi hal yang sangat ditunggu-tunggu oleh bangsa Indonesia. Batik merupakan karya seni nusantara yang telah diakui oleh UNESCO sebagai budaya yang sangat berkesan. Hari batik dilaksanakan agar budaya batik di Indonesia tidak hilang dimakan oleh zaman. Apalagi zaman sekarang beberapa kalangan menganggap bahwa batik merupakan suatu hal yang kuno, khususnya remaja. Maka dari itu, kita sebagai pelajar harus mengubah pernyataan bahwa batik bukanlah hal yang kuno. Dengan cara membuat batik menjadi hal yang disukai remaja zaman sekarang, khususnya dibuat menjadi lebih modern agar semua kalangan menjadi lebih menyukai batik dan mengubah pikiran bahwa batik bukanlah hal yang kuno.

Sebagai siswa, kita harus menepis hal tersebut serta berusaha menjadikan budaya batik sebagai model terkini yang sangat berkesan di hati remaja khususnya siswa siswi SMA N 1 Rembang. Maka dari itu, kita harus mengisi hari batik nasional dengan kegiatan yang positif. Kegiatan yang biasa dilakukan di SMA N 1 Rembang pada saat hari batik nasional adalah menggunakan pakaian batik ke sekolah dan mengadakan perlombaan yang bertema batik nusantara.

Namun sekarang ini, kita sebagai siswa tidak bisa memperingati hari batik nasional secara langsung. Hal itu terjadi karena kita harus mematuhi protokol kesehatan agar pandemi covid-19 ini tidak menyebar luas. Tetapi hal tersebut tidak menyurutkan semangat siswa-siswi untuk merayakan hari batik nasional ini.

Pada tanggal 2 Oktober 2020, OSIS SMA Negeri 1 Rembang mengadakan program yang bernama Smansatic. Program ini diadakan untuk memeringati Hari Batik Nasional yang telah ditetapkan sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi pada 2 Oktober 2009 oleh UNESCO.

Untuk itu, OSIS SMA N 1 Rembang mengadakan perlombaan untuk memeringati Hari Batik Nasional. Perlombaan ini, diantaranya Photo Contest Batik dan Membuat Masker dari Limbah Batik. Kegiatan perlombaan ini diberi nama Smansatic yang merupakan kepanjangan dari Smansa Batik Competition. Karena kita dalam masa pandemi, maka perlombaan diadakan secara online sehingga tetap mematuhi protokol kesehatan yang sudah ditetapkan.

Kegiatan Smansatic dimulai dengan pembentukan panitia yang dilakukan pada tanggal 29 September 2020. Penentuan kepanitiaan ini dilakukan secara virtual pada grup WhatsApp dan google meet. Dilanjutkan dengan pembuatan pamflet dan kalimat redaksi pada tanggal 2 Oktober 2020. Pamflet tersebut di share pada grup WhatsApp kelas dan akun Instagram SMA N 1 Rembang dengan tujuan agar siswa, guru, dan karyawan, serta masyarakat umum mengetahui program Smansatic.

Para siswa dapat menunjukkan kreativitas dan menuangkan bakat mereka melalui program ini. Pengumpulan karya dilakukan pada tanggal 2-6 Oktober 2020. Untuk pengumuman pemenang lomba, diadakan pada tanggal 8 Oktober 2020.

Berikut adalah pemenang dari lomba Photo Contest Batik :

Berikut adalah pemenang dari Lomba membuat Masker dari Limbah Batik :

Juara terfavorit : Galuh Fitri Andini/XI MIPA 8

Tinggalkan Balasan