SMAN 1 Rembang mengirimkan 22 peserta pada kompetisi sains nasional tingkat Kabupaten Rembang

Pusat Prestasi Nasional, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan terus mengembangkan program pembinaan olah pikir peserta didik melalui kegiatan Kompetisi Sains Nasional (KSN). Sampai saat ini KSN meliput 9 (sembilan) bidang keilmuan, yaitu bidang Matematka, Fisika, Kimia, Informatika/Komputer, Biologi, Astronomi, Ekonomi, Kebumian dan Geografi. KSN diselenggarakan selain sebagai upaya untuk meningkatkan kompetensi sains, teknologi, dan matematka, kegiatan ini juga sesungguhnya adalah wahana untuk menumbuhkan karakter siswa yang jujur, disiplin, sportif, tekun, kreatif, tangguh dan cinta tanah air. Melalui KSN juga akan diperoleh siswa terbaik calon-calon duta bangsa yang akan ikutserta dalam Kompetisi sains internasional. KSN dilaksanakan secara berjenjang, dari tingkat sekolah, kabupaten, provinsi, dan nasional.

Di SMA Negeri 1 Rembang untuk menghadapi KSN, sudah dibentuk tim olimpiade yang terdiri atas 9 tim dalam 9 bidang sesuai bidang pada KSN. Pelaksanaan tim tersebut masuk dalam kegiatan ekstrakurikuler. Kegiatan dilaksanakan pada hari Jumat mulai pukul 14.45 sampai dengan 16.15 WIB. Anggota tim dimulai pendaftaran siswa bagi yang mempunyai bakat dan minat di bidang tersebut. Jika banyaknya siswa melebihi batas kuota maka diadakan seleksi.

Menjelang mendekati pelaksanaan KSN tingkat kabupaten, SMA Negeri 1 Rembang mempunyai program pembimbingan siswa secara intensif selama 5 hari. Tiga siswa dari masing-masing bidang yang sudah diseleksi oleh tim guru mendapat dispensasi selama 5 hari. Masa pembimbingan intensif tersebut dibimbiing oleh guru sesuai bidangnya. Sekolah tidak mendatangkan lembaga dari luar daerah karena pertimbangan berbagai hal. Hal ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Pada tahun sebelumnya sekolah mengirim 3 siswa dari masing-masing bidang ke luar daerah. Mereka dibimbing dari lembaga yang sudah biasa menangani olimpiade.

Pada tahun ini, KSN tingkat kabupaten dilaksanakan pada tanggal 10 Maret 2020. Tanggal ini adalah perubahan dari tanggal 18 Februari 2020 yang telah tertulis pada pedoman KSN 2020. Pelaksanaan di kabupaten Rembang bertempat di SMA Negeri 1 Lasem. SMA Negeri 1 Rembang mengirim 22 siswa yang terdiri dari:

PESERTA KOMPETISI SAINS NASIONAL TINGKAT KABUPATEN

No.

N a m a

Kelas

Matematika

1

Muhammad Fatkhurrohman

X MIPA 2

2

Zidane Denino Putra Prayitno

X MIPA 2

3

Iqbal Ryan Pradiptya

XI MIPA 4

Fisika

4Ahmad Syafiq Rofi’iXI MIPA 3
5Lauravi Salsa DivanggaX MIPA 1
6Siti Nur AisyahX MIPA 1

Kimia

7Margaretyasari PerdanaXI MIPA 1
8Chusnuut TacharriXI MIPA 8
9Anissa Putri YuliyantiXI MIPA 7

Biologi

10Maria Valentina GunawanXI MIPA 7
11NurhayatiX MIPA 2
12Putri Nabila Nida’ UlyaX MIPA 1

Komputer

13Yuditia Frendy ArdhiantoXI MIPA 8
14Hanif AminudinXI MIPA 6
15Richo HardiansyahXI MIPA 7

Ekonomi

16Fadya Intan Rahmawati

XI MIPA 7

17Siti Martina VridayantiXI MIPA 6
18Elsa Sopiatul KasanahXI MIPA 8

Kebumian

19

Nayla Farhatul Jannah

XI MIPA 4

Geografi

20Ilham BaskoroXI MIPA 3
21Ronnan Arkan Sagily nandaXI MIPA 5
22Farhan Rizqia Wibowo

XI IPS 2

Leave a comment