SKARLA

Pada tanggal 21 April 2021, OSIS SMA N 1 Rembang mengadakan sebuah program kerja yang mengusung tema Kartini untuk memperingati Hari Kartini. Tujuan diadakannya program kerja ini adalah agar generasi muda dapat lebih mengenal sejarah nasional dan untuk mewujudkan kesetaraan kesempatan antara laki-laki dan perempuan di era modern yang secara khusus terutama dalam bidang pendidikan dan secara umum kesetaraan gender di semua bidang. Karena perjuangan beliau maka kita sebagai generasi bangsa yang telah merasakan hasil perjuangan beliau, menghargai perjuangannya dengan memperingati hari kelahiran beliau yang jatuh pada tanggal 21 April.

Untuk itu, OSIS SMA N 1 Rembang mengadakan sebuah perlombaan untuk memperingati Hari Kartini. Dalam perlombaan ini terdiri dari 3 macam lomba yang diikuti oleh siswa kelas X dan XI SMA N 1 Rembang. Terdapat lomba Poster dan Quotes, Essay, dan Cerita Riwayat Kartini. Diharapkan diadakannya perlombaan adalah siswa lebih meningkatkan semangat belajar, agar generasi muda menanamkan kepribadian seperti R.A. Kartini, dan dapat menumbuhkan sikap nasionalisme dan patriotisme.

Kegiatan SKARLA dimulai dengan diadakannya rapat yang membahas program kerja dan pembentukan panitia pada tanggal 6 April 2021 yang dilakukan di Aula SMA N 1 Rembang. Dilanjutkan dengan publikasi pamflet dan kalimat redaksi pada tanggal 14 April 2021 di Grup WhatsApp setiap kelas dan diposting di akun Instagram SMA N 1 Rembang agar seluruh siswa, guru, karyawan, dan masyarakat mengetahui program ini.

Teknik pengumpulan pada perlombaan kali ini yaitu Poster dan Quotes, serta Cerita Riwayat Kartini dikumpulkan dengan cara di posting via Instagram dengan ketentuan yang telah diberitakan sebelumnya. Untuk lomba Essay, naskah yang telah dibuat dikirim kepada panitia lomba. Pengumpulan karya dilakukan pada tanggal 15-21 April 2021 dan diumumkannya juara lomba pada tanggal 23 April 2021. Berikut adalah pemenang dari lomba SKARLA kali ini.

 

Lomba Poster & Quotes

Lomba Essay

Lomba Cerita Riwayat Kartini

Leave a comment