Semarak Bulan Bahasa SMAN 1 Rembang

Bulan Bahasa merupakan rasa kecintaan dan rasa hormat terhadap Sebuah fenomena yang terjadi  79 tahun yang lalu yaitu  Kongres Pemuda Kedua yang diselenggarakan dua hari, 27-28 Oktober 1928 di Batavia (Jakarta). Hal ini menegaskan mengenai cita-cita akan “tanah air Indonesia”, “bangsa Indonesia”, dan “bahasa Indonesia”. Maka dari itu ditetapkan Nama Bulan Bahasa yang diadakan setiap tahun nya pada tanggal 28 Oktober, merupakan perwakilan kecintaan terhadap Bahasa dan sastra indonesia yang terdapat di dalam ikrar sumpah pemuda yaitu 28 Oktober 1928.

Mengingat semakin menurunnya minat dan kesadaran para generasi bangsa dalam memperingati hari Sumpah Pemuda, maka telah diadakan serangkaian kegiatan yang diharapkan dapat menumbuhkan jiwa patriotisme dan nasionalisme dalam diri siswa dan siswi SMA N 1 Rembang.

Namun sekarang ini, kita sebagai siswa tidak bisa memperingati Bulan Bahasa secara langsung seperti pada tahun sebelumnya dikarenakan kita harus mematuhi protokol kesehatan agar pandemi covid-19 ini tidak menyebar luas. Tetapi hal tersebut tidak menyurutkan semangat siswa-siswi untuk merayakan Bulan Bahasa ini. OSIS SMA N 1 Rembang telah mengadakan beberapa perlombaan dalam rangka memperingati Bulan Bahasa. Kegiatan perlombaan ini diberi nama SEBASA yang merupakan kepanjangan dari Semarak Bulan Bahasa Smansa. Spesialnya, perlombaan bertemakan Sumpah Pemuda ini tidak hanya disajikan dalam bahasa Indonesia dan bahasa Jawa saja, tetapi juga ada bahasa Inggris, Jepang, serta Mandarin agar lebih menarik minat siswa-siswi SMA N 1 Rembang.

Beberapa lomba yang diselenggarakan oleh OSIS SMA N 1 Rembang sebagai berikut: lomba cipta puisi&baca puisi,story telling, sesorah, shodo, dan menyanyi mandarin. Dalam kegiatan ini, para siswa dapat menunjukkan kreativitas dan menuangkan bakat mereka dengan sangat baik.  Kegiatan perlombaan ini dilaksanakan secara online sehingga tetap mematuhi protokol kesehatan yang sudah ditetapkan.

Kegiatan SEBASA dimulai dengan pembentukan panitia yang dilakukan pada tanggal 18 Oktober 2020. Penentuan kepanitiaan ini dilakukan secara virtual pada grub whatsapp dan Google Meet. Dilanjutkan dengan pembuatan pamphlet dan kalimat redaksi pada tanggal 21 oktober 2020. Setelah pembuatan pamphlet selesai, pamphlet tersebut di shere pada grub whaatshapp kelas dan akun instagram SMA N 1 Rembang dengan tujuan agar siswa,guru dan karyawan serta masyarakat umum mengetahui progam SEBASA. Pengumpulan karya dilakukan pada tanggal 22-26 oktober 2020. Dan untuk pengumuman pemenang lomba, diadakan pada tanggal 28 oktober 2020.

Berikut adalah pemenang dari lomba sebasa:

  1. Cipta puisi dan baca puisi
  2. Story telling
  3. Sesorah
  4. Sodo
  5. Menyanyi mandarin

Tinggalkan Balasan