Scout Painting On The Tong 2020; Pangkalan SMA Negeri 1 Rembang Memperoleh Juara 2

     Kegiatan Scout Paint On The Tong Kwartir Ranting Rembang Tahun 2020 adalah sebagai wahana pertemuan bagi Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega Kwartir Ranting Rembang guna menggalang persaudaraan, meningkatkan pengalaman, pengetahuan, keterampilan, dan wawasan, serta meningkatkan jiwa patriotisme, yang nantinya akan menghasilkan generasi yang berkepribadian tangguh dan cinta tanah air.

      Kegiatan ini diselenggarakan pada tanggal 30 Oktober 2020, dengan waktu kegiatan pukul 08.00 WIB sampai dengan selesai. Dengan tema serta motto “Satyaku ku dharmakan, Dharmaku ku baktikan.” Scout Painting On The Tong 2020 ini bertempat di SD N 2 Leteh Rembang.

      Melaksanakan protokol kesehatan, peserta diharuskan mencuci tangan atau memakai handsanitizer (tak lupa dengan memakai masker sedari rumah). Setelah itu peserta mengambil nomor urut lomba dan mengisi identitas. Acara dibuka dengan upacara pembukaan terlebih dahulu. Seperti upacara pembukaan dilaksanakan seperti biasa, upacara ini juga berisikan sambutan serta garis besar tentang lomba yang sedang diselenggarakan. Setelah upacara pembukaan ini selesai peserta tidak langsung dibubarkan, melainkan diberikan arahan terlebih dahulu mengenai tempat untuk mereka menggambar. Dengan tong sebagai media gambar serta koran sebagai alasnya yang sudah disediakan ditempatnya masing-masing. Dan penentuan tempat ini sesuai dengan nomor peserta yang sudah diambil di awal tadi.

Awalnya para peserta diberi estimasi waktu 2 jam untuk menyelesaikan hasil karya mereka. Tanpa membuang waktu peserta mulai menggambar. Menerapkan kerja sama dan penuh tanggung jawab mereka melakukannya. Sampai dimana waktu hampir berakhir dan panitia merasa bahwa waktu yang diberikan kurang, maka dari ini para peserta diberi tambahan waktu selama setengah jam. Dan sampailah dimana waktu berakhir. Para peserta berbondong bondong mengumpulkan hasik karya mereka, dan mulai beristirahat. Perwakilan dari Pramuka SMA Negeri 1 Rembang agak khawatir karena melihat hasil karya dari peserta lain diwarnai dengan rapi, sedangkan kita justru merasa kekurangan cat. “Tidang menang tidak apa-apa, yang penting semangat berpartisipasi dan menjadi juara adalah bonus,” ini adalah kalimat motivasi yang diucapkan oleh perwakilan dari Pramuka SMA Negeri 1 Rembang.

    Setelah istirahat berakhir, salah satu perwakilan dari masing-masing sekolah diminta untuk memasuki ruangan. Di dalam ruangan inilah akan diumumkan jugara dari lomba ini. Dan siapa sangka perwakilan dari Pramuka SMA Negeri 1 Rembang mendapatkan Juara 2. Mengucap syukur atas juara yang diperoleh, untuk dipersembahkan kepada pangkalan tercinta. Sebelum pulang, tidak lupa berfoto untuk mengabadikan momen ini. Juara tidak hanya mendapat piala, namun juga mendapat sertifikat lomba. Rasa bangga terasa menjalar di dada. Selamat kepada Peserta dari SMA Negeri 1 Rembang.

Leave a comment