Renungan Hari Baden Powel ke-164

Baden Powell adalah pendiri organisasi kepramukaan, sehingga beliau dikenal dengan Bapak Pramuka Dunia. Setiap tanggal 22 Februari kita memperingati Hari ulang tahun Baden Powel, hari tersebut biasa juga dikenal dengan founder’s day. Maka dari itu pada 21 Februari 2021, Gugus depan Rembang 10-105 / 10-106 Ambalan Kamajaya-Kamaratih yang berpangkalan di SMAN 1 Rembang menyambut Hari  ulang tahun Baden Powell yang ke-164 dengan mengadakan renungan.

Renungan ini diikuti oleh seluruh Dewan Ambalan Kamajaya-Kamaratih, dan pinsa atau yang  mewakili dari siswa kelas  X. Peserta diminta untuk mengenakan pakaian pramuka dengan atribut lengkap dan menyiapkan lilin dengan kondisi ruangan gelap. Renungan dilaksanakan secara daring melalui media komunikasi google meet, dimulai pada pukul 19.15 WIB dan selesai pada pukul 20.00 WIB. Pembawa acara memulai acara dengan panjatan puji syukur kepada tuhan, sehingga renungan pada malam tersebut dapat dimulai. Selanjutnya, peserta renungan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Hymne Pramuka. Usai menyanyikan lagu tersebut, dilanjutkan dengan ulang janji yakni pengucapan Satya dan Darma Pramuka oleh perwakilan dari dewan ambalan. Berikutnya, Kak Endah, selaku pembina memberikan amanat kepada peserta renungan.  Dalam amanatnya, Kak Endah mengingatkan kita bahwa meskipun BP telah tiada, tetapi semangatnya ada di jiwa kita. Di akhir amatnya juga, Kak Endah mengingatkan kita sebagai seorang pramuka harus menjadi pionir apalagi di masa pandemi yang masih terjadi sampai saat ini. Terus menebar kebaikan dan kedamaian dan tetap menerapkan 5M.

Selesai amanat, diilanjutkan dengan pembacaan Pesan Baden Powell. Di penghujung acara, dibacakan doa dan penutup oleh pembawa acara. Selamat Hari Baden Powell ke-164.

Leave a comment