Pesantren Ramadhan

Pesantren ramadhan atau yang dikenal dengan Sanram adalah suatu kegiatan pembinaan remaja, khususnya bagi siswa-siswi SMA N 1 Rembang setiap tahunnya di bulan ramadhan untuk membentuk kepribadian, penanaman nilai-nilai religi dan memberikan kesadaran bahwa pendidikan agama sangatlah penting bagi kehidupan. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan, agar para siswa dapat membangun akhlak, dan mengajarkan manajemen waktu yang baik. Kegiatan Sanram ini tidak dilaksanakan via offline tetapi tetap bisa dilakukan dengan via online melalui aplikasi Zoom dan WhatsApp dikarenakan saat ini masih dalam kondisi pandemic Covid-19. Hal ini tidak menyurutkan semangat dalam melakukan kegiatan Sanram 2021, bahkan kegiatan positif seperti ini apalagi di bulan ramadhan sangat bermanfaat sebagai nilai ibadah dan untuk menjalani kehidupan lebih baik lagi.

            Kegiatan Sanram di bulan ramadhan tahun ini dilaksanakan berbeda dari tahun sebelumnya, yaitu semua kegiatan dilaksanakan secara virtual melalui aplikasi Zoom dan WhatsApp yang dipandu oleh panitia siswa dari OSIS dan panitia guru. Sanram kali ini dibagi menjadi 2 sesi. Sesi pertama pada tanggal 1- 2 Mei 2021 diikuti oleh semua siswa-siswi SMA N 1 Rembang kelas X yang beragama islam, sedangkan sesi kedua pada tanggal 8 – 9 Mei 2021 diikuti oleh semua siswa-siswi SMA N 1 Rembang kelas XI yang beragama islam. Semua siswa/i yang beragama islam wajib mengikuti pelaksanaan Sanram, apabila tidak mengikuti maka siswa yang bersangkutan harus mengulang dan ikut lagi pada sanram tahun depan. Siswa- siswi juga harus memakai baju muslim/muslimah serta berpartisipasi aktif selama kegiatan pesantren ramadhan berlangsung.

             Kegiatan Sanram ini sudah dibentuk rundown acara sehingga kegiatan dapat berjalan dengan lancar. Untuk rundown acara pada sesi pertama dan kedua sama hanya tanggal pelaksanaannya yang berbeda. Untuk hari pertama, kegiatan diawali dengan pembukaan/ceremonial oleh Bapak Yulianto melalui Zoom. Setelah itu dilanjutkan dengan pembacaan Asmaul Husna dan sosialisasi juknis yang dipandu oleh CO kelas masing-masing, hal ini dilakukan supaya semua siswa yang mengikuti sanram tertib dalam melaksanakan kegiatan sesuai aturan juknis yang telah ditetapkan. Kemudian, melalui aplikasi WhatsApp dan masih dipandu CO kelas, semua siswa melaksanakan tadarus Qs. As-Sajdah. Lalu, kegiatan materi 1 tentang Aqidah Akhlaq yang disampaikan oleh bapak Thohir melalui Zoom meeting dan siswa wajib on camera dengan identitas sesuai juknis, dilanjutkan dengan sesi tanya jawab oleh 1 anak untuk perwakilan kelas bisa mengajukan pertanyaan kepada pemateri. Kemudian istirahat dan kegiatan dilanjutkan lagi setelah sholat ashar yaitu tadarus Qs. Yaasin. Lalu melalui Zoom meeting melaksanakan kegiatan materi 2 yaitu Fiqih ibadah Yaumiyyah oleh Bapak Farid dan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Kegiatan Sanram untuk hari pertama berjalan dengan lancar dan tertib.

            Kegiatan Sanram hari kedua diawali dengan tadarus Qs. Ar-Rahman dengan dipandu oleh CO kelas masing-masing melalui WhatsApp. Setelah itu, melalui Zoom meeting di kelas masing-masing yang sudah disediakan, siswa/i melantunkan Asmaul Husna bersama-sama dan melaksanakan kultum oleh perwakilan kelas dengan pilihan tema yang sudah ditentukan serta tetap dipandu oleh CO kelas dan panitia guru pendamping. Kemudian, melaksanakan tadarus Qs. Al-Waqiah melalui WhatsApp dan istirahat. Setelah istirahat, kegiatan dimulai lagi dengan tadarus Qs. Al-Mulk lalu memasuki waktu sholat ashar semua kegiatan diberhentikan dan siap-siap untuk menunaikan sholat ashar. Kegiatan dilanjutkan dengan materi 3 yaitu Hubbul Waton minal iman yang disampaikan oleh Bapak Nur Sholihin melalui Zoom meeting dan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Semua kegiatan Sanram selama dua hari telah dilaksanakan dengan baik lalu dilakukan penutupan oleh Bapak Farid.

            Semua kegiatan Pesantren Ramadhan (Sanram) 2021 dua sesi ini berjalan dengan lancar dan tertib. Semua siswa-siswi berpartisipasi aktif selama kegiatan. Setiap siswa/i juga melakukan presensi dengan cara mengisi link g.form yang disediakan CO perkelas. Presensi dilakukan ditiap kegiatan, maksimal 15 menit setelah link dibagikan. Apabila terjadi suatu kendala, siswa/siswi dapat menghubungi CO perkelas sehingga kegiatan dapat berjalan dengan sesuai apa yang diaharapkan.

Leave a comment