PERKEMAHAN PELANTIKAN PRAMUKA PENEGAK BANTARA (P4B)

Pati- Pramuka SMA Negeri 1 Rembangyang tergabung dalam Ambalan Kamajaya – Kamaratih Gudep 10-125/10-126 SMA Negeri 1 Rembang kembali menciptakan generasi penerus kepramukaan dengan melaksanakan kegiatan Perkemahan Pelantikan Pramuka Penegak Bantara (P4B) padatanggal 28 Februari 2020 – 01 Maret 2020 di buper Regaloh, Pati, Jawa Tengah.

Kegiatan tersebut merupakan kegiatan tahunan Ambalan Kamajaya-Kamaratih dalam menciptakan generasi baru Kepramukaan yang diikuti oleh 58 peserta calon penegak Bantara, 48 panitia, serta 3 pembina. Peserta calon penegak Bantaradikelompokkan menjadi 7 sangga yang terdiri atas 2 sangga Pa dan 5 sangga Pi. Sebelum dilantik menjadi anggota penegak Bantara, peserta calon Bantara telah melewati berbagai tahapan untuk mengujikan diri sebagai syarat menjadi anggota penegak Bantara, yaitu dengan menyelesaikan Syarat-Syarat Kecakapan Umum (SKU) Pramuka Penegak sehingga berhak menggunakan Tanda Kecakapan Umum (TKU) Penegak Bantara. SKU Penegak Bantara terdiri dari 23 poin yang mengandung 5 (lima) unsur area pengembangan yaitu Spiritual, Emosional, Sosial, Intelektual, dan Fisik.


Pelaksanaan P4B ini berlangsung secara sakral dan hikmat. Kegiatan yang berlangsung selama 3 hari 2 malam ini, dibuka pada 28 Februari 2020 sore yang ditandai dengan penyematan tanda peserta pada upacara pembukaan, memiliki banyak pembekalan untuk menjadi anggota penegak Bantara dan pada malamnya diisi dengan materi LDK oleh kak Endah.

Pada hari kedua,setelah sholat tahajud bersama dilakukan Renungan jiwa oleh kak Farid. Selanjutnya makan bersama dan senam bersama untuk menambah semangat kakak- kakak memulai kegiatan.
Setelah senam bersama, yaitu jelajah alam yang menyusuri area sekitar buper dengan berbagai pos- pos yang ada, yaitu pos pbb, pos sandi, pos menaksir lebar sungai dan tinggi pohon, pos halang rintang, pos pengetahuan umum, dan terakhir pos tali temali. Jelajah alam dilakukan oleh kakak calon penegak bantara dengan penuh semangat.
Malamnya, dilanjutkan Api unggun dan pentas seni oleh kakak- kakak calon penegak bantara. Setelah api unggun dan pensi dilakukan pemantapan.Setiap acara berlangsung secara disiplin dan tertib. Selain itu, kebersamaan selalu diutamakan untuk menciptakan keharmonisan dalam Ambalan.

Kegiatan ini bertujuan untuk mensyukuri atas segala ciptaan tuhan, meningkatkan sikap nasionalismedan rasa tanggung jawab, mengembangkan persatuan dan kesatuan di kalangan Pramuka, serta memberi kepada mereka kegiatan yang bersifat kreatif, inovatif dan produktif yang mengarah kepada bentuk kepedulian terhadap sesama dan lingkungan. Selain itu, hal ini juga dapat menjadi ajang untuk melatih kemandirian dalam menjalankan kehidupan.


Kegiatan ditutup pada 01 Maret 2020 oleh Kak Endah Puspitasanti, sebagai pembina pramuka Ambalan Kamajaya-Kamaratih. Dalam penutupan ini juga dilantiknya penegak bantara oleh Kepala SMA Negeri 1 Rembang. Sebagai tanda simbolis, pelantikan dilakukan dengan cuci kaki dari orang tua masing-masing calon penegak bantara, pengucapan Tri Satya dan pemasangan TKU Bantara.

Tinggalkan Balasan