Peringatan Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW

      Isra’ adalah perjalanan malam Nabi Muhammad SAW dari Masjidil Haram di Mekah menuju masjidil Aqsa di Yerussalem. Sedangkan, Mi’raj adalah perjalanan Nabi Muhammad SAW dari bumi menuju Sidratul Muntaha, langit ke tujuh yang merupakan tempat tertinggi. Peristiwa ini selalu diperingati oleh sebagian umat islam dengan mengadakan wirid pengajian. Setiap tanggal 27 Rajab peristiwa ini dirayakan untuk menyambutnya dengan amalan dan doa. Oleh karena itu, pada hari Kamis tanggal 11 Maret 2021, SMA N 1 Rembang mengadakan pengajian dalam rangka peringatan Isra’ Mi’raj yang diikuti oleh guru, staf karyawan, dan siswa-siswi SMA N 1 Rembang yang beragama islam. Bagi umat islam, peristiwa Isra’ Mi’raj merupakan peristiwa yang sangat berharga, karena ketika inilah adanya perintah sholat lima waktu dan tidak ada nabi lain yang yang mendapat perjalanan sampai ke sidratul muntaha seperti Rasulullah SAW. Sebagai umat islam kita dianjurkan untuk memperingati, mengenang, dan mengagungkan peristiwa Isra’ Mi’raj yang sangat bersejarah sepanjang peradaban kehidupan manusia terutama umat islam.

          SMA N 1 Rembang megadakan kegiatan ini dengan tujuan untuk meningkatkan wawasan siswa-siswi SMAN 1 Rembang terutama tentang Isra’ Mi’raj, meningkatkan kesadaran kita untuk melakukan sholat lima waktu, dan untuk mengenang salah satu peristiwa besar dalam islam.

          Kegiatan ini, dilakukan secara daring melalui google meet dan live youtube SMANSA REMBANG. Walaupun daring, kegiatan ini tetap berjalan lancar dan terstruktur dengan susunan acara sebagai berikut :

Kegiatan ini diawali dengan pembukaan membaca surat Al-fatihah bersama-sama. Kemudian, dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al-qur’an oleh salah satu siswa SMA N 1 Rembang. Lalu, dengan dipimpin oleh Bapak Farid, S.Pd.I melaksanakan kirim doa ahli kubur keluarga besar SMA N 1 Rembang. Setelah itu, ada sambutan dari Bapak Muhammad Djupri, M.Pd selaku kepala sekolah SMA N 1 Rembang. Memasuki acara intinya yaitu mauidloh hasanah dari Bapak KH. Muhammad Thohir, S.Pd.I Selaku guru Pendidikan Agama Islam SMA N 1 Rembang dengan tema “Dirikan sholat, jadikan juru selamat.” Dan yang terakhir adalah penutup.

Semua siswa baik kelas X, XI, dan XII diwajibkan untuk ikut serta dalam acara peringatan Isra’ Mi’raj ini. Setiap siswa juga harus mengirimkan presensi kehadiran dengan bukti sreenshoot kegiatan baik melalui google meet ataupun live youtube yang kemudian direkap oleh ketua kelas dan kirimkan ke CO per angkatan masing-masing.

Berikut ini dokumentasi dari pengajian peringatan Isra’ Mi’raj :

Leave a comment