Penerimaan Tamu Penegak Ambalan

Penerimaan Tamu Penegak Ambalan (PTPA) adalah kegiatan yang  dilaksanakn setiap memasuki ajaran baru dengan mengadakan perkemahan. Tetapi, karena kondisi dan situasi pandemi Covid-19 yang tidak memungkinkan untuk mengadakan perkemahan tersebut, maka Dewan Ambalan Kamajaya-Kamaratih SMA Negeri 1 Rembang mengupayakan agar PTPA tetap berjalan seperti tahun-tahun sebelumnya. Mengusung model daring,  PTPA dilaksanakan di rumah masing-masing.  . Kegiatan ini diagendakan untuk menyambut para calon penegak menjadi bagian dari ambalan Kamajaya-Kamaratih Gugus depan 10-125/10-126.

            PTPA 2020 ini dilaksankan tanggal  01-22 Agustus 2020. Sebelumnya, dilakukan  upacara pindah golongan,dari penggalang ke penegak sebagai simbol bahwa siswa telah berindah golongan.  Rincian pelaksanaanya sendiri dibagi menjadi 4 kali pertemuaan. Sekali dalam seminggu kegiatan PTPA dilaksanakan pada hari Jum’at atau Sabtu  mulai pukul 07.45-09.45 menggunakan media whatsapp, google meet, dan youtube. Dimana kegiatan ini diikuti oleh seluruh peserta PTPA dengan berbagai pengarahan dari sangga kerja pada masa bakti 2020/2021. Sangga putra terdiri dari 12 sangga dan  sangga putri terdiridari 21sangga. Masing-masing sangga didampingi oleh kakak korlap dari sangga kerja dalam  melaksanakan PTPA 2020 via daring tersebut.

            Pelaksanaan minggu pertama PTPA via daring (1 Agustus 2020) ini dimulai dengan berdoa, lalu presensi kehadiran menggunakan google meet yang mengharuskan semua peserta PTPA wajib memakai seragam pramuka lengkap dan menyalakan kameranya. Setelah  itu dilanjutkan  arahan dari korlap masing-masing sangga.

 

 Dokumentasi kehadiran peserta PTPA via daring

            Kemudian disusul dengan upacara adat ambalan dan pembukaan  PTPA 2020 via Youtube Ambalan Kamajaya-Kamaratih Smansa. Prosesi adat ambalan ini dilaksanakan oleh  perwakilan Pengurus Harian(PH) dan dipimpin oleh seorang pemangku adat dari Kamajaya. Petugas Amsal pramuka menjadi salah satu adat ambalan , dimana seluruh peserta mengangkat hasduk di depan dada sebelah kiri, diiringi dengan pengucapan sandi ambalan dari kakak bantara.

            Selanjutnya, upacara pembukaan dibuka dengan sambutan dari Bapak WKS Kesiswaan yang diringi dengan proses penyematan tanda peserta PTPA. Penyematan tanda peserta PTPA ini dilaksanakan oleh salah satu perwakilan dari peserta pa dan pi.dengan pemakaian ID CARD yang menjadi tanda bahwa Kegiatan PTPA 2020 via daring resmi di mulai .

Dokumentasi pembukaan PTPA 2020 via daring

            Setelah prosesi upacara selesai, dilanjutkan materi mengenai Pengenalan Dewan Ambalan Kamajaya-Kamaratih Gugus depan 10-125/10-126 via youtube. Peserta diharuskan untuk melihat& memahami materi yang diberikan.

             Setelah mengikuti acara pembukaan sampai materi yang diberikan pada pertemuan pertama, maka peserta PTPA 2020 diberikan tugas untuk mereview kembali amanat yang disampaikan oleh Pembina upacara. Hal tersebut bertujuan untuk melatih keterampilan menulis peserta PTPA 2020 via daring. Pengumpulan tugas tersebut dikirimkan lewat email korlap sangga masing-masing sesuai dengan batas waktu yang diberikan.

Dokumentasi petugas upacara pembukaan

Dilanjutkan pelaksanaan PTPA via daring pada minggu  kedua yaitu tanggal 7 Agustus 2020 kegiatan diawali berdoa yang dipimpin oleh korlap masing-masing. Setelah itu dilakukan presensi kehadiran peserta PTPA pada pukul 13.00 —13.15 melalui whatsapp dengan peserta mengirimkan foto menggunakan seragam pramuka lengkap. Setelah  itu masing- masing korlap melaporkan presensinya kepada sekretaris ambalan. Lalu,  pada pukul 13.15 – 14.15 dilanjutkan dengan pemberian materi tentang Nama dan Lambang Ambalan. Materi ini disajikan dalam bentuk video melalui youtubeAmbalaan Kamajaya-Kamaratih Smansa. Masing-masing korlap akan mengeshare link youtube yang berisi materi tentang Nama dan Lambang Ambalan. Lalu peserta PTPA dapat melihat materinya dari link tersebut. Setelah peserta PTPA melihat video, peserta PTPA dituntut untuk mampu memahami pemaparan video di youtube tersebut. Setelah itu, peserta PTPA diberi tugas oleh korlap untuk  merangkum materi nama dan lambang ambalan. Batas maksimal pengiriman tugas yaitu hari Minggu 9 Agustus pukul 23.59. Tugas dikirim pada email korlap masing – masing. Tugas tersebut adalah bentuk pemahaman dan pertanggungjawaban masing – masing peserta PTPA. Setelah korlap memberi tugas dan menjelaskan materi, pada pukul 14.15 kegiatan pada hari itu telah selesai dan masing – masing korlap  menutup acara.

Dokumentasi materi Nama & Lambang Ambalan

      Pada pelaksanaan PTPA  minggu ketiga yaitu tanggal 14 Agustus 2020 kegiatan diawali berdoa dan dipimpin oleh korlap masing – masing sangga. Setelah itu dilakukan presensi kehadiran peserta pada pukul 13.00 —13.15 via whatsapp dengan mengirimkan foto menggunakan  seragam pramuka lengkap. Setelah itu masing masing korlap melaporkan presensi kehadiran kepada sekretaris ambalan. Pada  pukul 13.15 – 14.15 dan dilanjutkan dengan pemberian materi tentang Pusaka dan Sandi Ambalan.

      Masing masing korlap menjelaskan materi tentang pusaka dan sandi ambalan kepada peserta PTPA melalui grup whatsapp masing – masing sangga. Setelah menjelskan materi tersebut,  korlap memberikan tugas kepada peserta PTPA. Tugasnya adalah membuat argumentasi tentang materi  pusaka dan sandi ambalan. Batas maksimal pengiriman tugas yaitu hari Minggu 16 Agustus 2020 pukul 23.59. Tugasnya dikirim pada email masing-maing korlap. Tugas tersebut merupakan  bentuk pemahaman dan pertanggungjawaban masing – masing peserta PTPA. Setelah korlap memberi tugas dan menjelaskan materi, pada pukul 14.15 kegiatan pada hari itu telah selesai dan masing – masing korlap  menutup acara.

Dokumentasi Pusaka dan Sandi Ambalan

                        Menindaklanjuti adanya cuti bersama  hari  Jumat, 21 Agustus 2020, maka agenda PTPA minggu keempat  dilaksanakan pada hari Rabu, 19 Agustus 2020 yang  dimulai pukul 15.15-15.45 via whatsapp. Kegiata ini diisi dengan penyampaian materi dalambentuk pdf. Sebelum memulai kegiatan, diharapkan seluruh Peserta PTPA wajib  mengisi presensi kehadiran yang dilaksanakan di grup whatsapp masing-masing sangga. Setelah itu, peserta PTPA akan dipandu oleh masing-masing korlap untuk memahami materi PTPA yang diberikan pada pertemuan minggu tersebut. Korlap masing-masing sangga akan mengeshare file berupa pdf tentang Upacara Adat dan Adat Ambalan Kamajaya- Kamaratih. Peserta harus mengikuti acara sampai selesai, dan mengerjakan tugas yag diberikan.

            Dan inilah akhirnya, upacara penutupan. Namun upacara penutupan kali ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Tahun ini upacara penutupan dilaksanakan dirumah masing-masing peserta PTPA  via daring dengan cara menonton youtube Ambalan Kamajaya-Kamaratih Smansa & wajib mengenakan seragam pramuka lengkap. Dalam upacara penutupan ini, disertai juga upacara pindah golongan dari penggalang ke penegak. Proses ini dilaksanakan oleh salah satu perwakilan dari peserta pa dan pi. Prosesi pelepasan emblem penggalang menjadi emblem berwarna kuning , menandakan bahwa peserta telah resmi menjadi seorang penegak.  Selanjutnya dilakukan pelepasan ID Card sebagai tanda bahwa PTPA 2020 via daring telah selesai. Setelah upacara penutupan dilanjutkan dengan upacara adat ambalan seperti saat upacara pembukaan, dan berakhir pula PTPA 2020. Tugas akhir peserta PTPA 2020 adalah peserta wajib memposting twibbon yang telah dirancang dan wajib mempublikasikan di akun instagram masing-masing peserta dengan ketetentuan  yang sudah disepakati bersama.   

Dokumentasi penguploadan twibbon di instagram masing-masing peserta PTPA 2020

 Dokumentasi upacara penutupan PTPA 2020

Leave a comment