MPLS dan PPUS 2021

Pada awal tahun ajaran baru selalu diselenggarakan program yang bernama MPLS (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah) dan PPUS (Pengenalan Program Unggulan Sekolah) untuk para peserta didik yang baru memasuki masa SMA. Tujuan diadakannya adalah untuk memberi informasi tentang lingkungan positif dan menyenangkan bagi peserta didik baru. Kegiatan yang dilakukan seperti memperkenalkan siswa pada lingkungan fisik sekolah, aturan dan norma, organisasi, dan sebagainya.

SMA Negeri 1 Rembang juga mengadakan kegiatan MPLS dan PPUS yang dilakukan pada 12-16 Juli 2021. Kegiatan ini dilakukan secara daring melalui aplikasi Zoom dikarenakan adanya program pemerintah yaitu PPKM (Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) yang mengharuskan setiap orang untuk berada di rumah.

Kegiatan diadakan pada pukul 07.00-12.15 setiap harinya yang dilakukan oleh seluruh peserta didik baru yaitu kelas X. Kegiatan pada tanggal 12 Juli 2021 dimulai dengan materi visi/misi sekolah dan tata tertib siswa yang disampaikan oleh Pak Yulianto dan dilanjutkan materi tentang pembelajaran era new normal yang disampaikan oleh Pak Sutiyono. Di akhir sesi diisi pengenalan organisasi OSIS/MPK oleh pengurus OSIS/MPK.

Dilanjutkan pada hari kedua tanggal 13 Juli 2021 dimulai dengan materi tentang sarana/prasarana sekolah dan pemanfaatannya oleh Bu Dwi Hastuti dan dilanjutkan oleh Bu Sri Sunarti dengan materi pendidikan penguatan karakter. Sesi tanggal 13 Juli 2021 diakhiri materi unit kegiatan siswa oleh pengurus OSIS/MPK.

Pada hari ketiga tanggal 14 Juli 2021 dimulai dengan materi tentang program SKS dan KBM di SMA N 1 Rembang oleh Pak Nur Solihin dan dilanjutkan oleh Bu Siti Mu’awwanah dengan materi budaya belajar millenial. Sesi diakhiri dengan seni dan kreativitas siswa oleh pengurus OSIS/MPK yang bertujuan agar siswa dapat mengembangkan kreativitas masing-masing.

Dilanjutkan pada hari keempat tanggal 15 Juli 2021 dimulai dengan materi tentang program ekstrakurikuler dan KSN oleh Pak Lilik Setiyanto dan dilanjutkan oleh Bu Krislina dengan materi karya ilmiah remaja. Diakhiri penugasan mandiri siswa oleh panitia.

Pada hari terakhir tanggal 16 Juli 2021 dimulai dengan materi tentang pramuka dan kepramukaan oleh Bu Endah Puspitasanti dan dilanjutkan oleh tim pramuka dengan materi yang sama yaitu pramuka dan kepramukaan. Sesi akhir tanggal 16 Juli 2021 diakhiri dengan penutupan kegiatan MPLS dan PPUS.

Berikut dokumentasi kegiatan MPLS dan PPUS.

Leave a comment