Lomba Hari Peringatan Baden Powell Kwartir Cabang Rembang Tahun 2021

Robert Stephenson Smyth Baden-Powell, atau yang lebih dikenal sebagai B-P, dilahirkan di Paddington, London, pada tanggal 22 Februari 1857. Baden Powell sendiri merupakan pendiri organisasi kepramukaan, sehingga beliau dikenal dengan Bapak Pramuka Dunia. Setiap tanggal 22 Februari kita memperingati Hari ulang tahun Baden Powel, hari tersebut biasa juga dikenal dengan founder’s day. Maka dari itu untuk memperingati Hari Baden Powell ke 164 ini, pada 21 Februari 2021, Kwartir Cabang Rembang mengadakan kegiatan Hari Baden Powell Kwartir Cabang Rembang. Kegiatannya berupa berbagai lomba seperti lomba desain poster Baden Powell, lomba bercerita tentang Baden Powell, renungan, dialog pramuka, dan bakti sosial.

            Tujuan dari kegiatan ini adalah sebagai wujud penerapan Tri Satya dan Dasa Dharma Pramuka dalam bakti anggota Gerakan Pramuka, meningkatkan rasa persaudaraan antarsesama anggota pramuka, serta untuk mengenang jasa Bapak Pandu Lord Baden Powell. Kegiatan memperingati Hari Baden Powell Kwartir Cabang Rembang Tahun 2021 dilaksanakan tanggal 13 s.d 22 Februari 2021. Pelaksanaan hari peringatan Baden Powell oleh Kwartir Cabang Rembang Tahun 2021 ini dilaksanakan secara daring melalui Zoom Meeting dan siaran langsung di media sosial Dewan Kerja Cabang Rembang, Youtube (DKC Rembang), Instagram (@dkcrembang), Facebook (DKC Rembang).

            SMA Negeri 1 Rembangpun mengirimkan 4 anak untuk mewakili lomba tersebut. Lomba yang diikuti adalah lomba desain poster dan lomba bercerita. Lomba desain poster diikuti oleh Arzeti Azizah Afif dan M. Fuad Fakhruzzaki. Untuk teknis kegiatan lomba desain poster Boden Powell adalah waktu pengumpulan karya yaitu tanggal 13 s.d 20 Februari 2021 pukul 12:00 WIB, penilaian 20 s.d 21 Februari 2021, dan pengumumannya tanggal 22 Februari 2021. Media yang digunakan adalah Instagram dan Facebook, untuk pakaiannya adalah seragam pramuka.

Di atas merupakan desain poster karya M Fuad Fakhruzzaki

Di atas merupakan desain poster karya Arzeti Azizah Afif

            Lomba bercerita diikuti oleh Yogi Satria Bernando dan Wigya Aulia Nastiti. Untuk teknis kegiatan lomba bercerita Boden Powell adalah waktu pengumpulan karya yaitu tanggal 13 s.d 20 Februari 2021 pukul 12:00 WIB, penilaian 20 s.d 21 Februari 2021, dan pengumumannya tanggal 22 Februari 2021. Media yang digunakan adalah Instagram (IG TV) dan Facebook, untuk pakaiannya adalah seragam pramuka.

Di atas merupakan potret bercerita Boden Powell oleh Yogi Satria Bernando

Di atas merupakan potret bercerita Boden Powell oleh Wigya Aulia Nastiti

            Dari kegiatan di atas perwakilan dari SMA Negari 1 Rembang memperoleh juara 1 untuk lomba bercerita Boden Powell yang diwakili oleh Wigya Aulia Nastiti, dan memperoleh juara 2 lomba desain poster Boden Powell yang diwakili oleh Arzeti Azizah Afif. Setelah mengetahui berita bahagia tersebut para anggota Dewan Ambalan Kamajaya/Kamaratihpun mengucapkan selamat dan bersukaria atas pencapaian yang telah dilakukan.

Di atas merupakan potret juara 1 bercerita Baden Powell (Wigya Aulia Nastiti) dan juara 2 desain poster Baden Powell (Arzeti Azizah Afif)

Leave a comment