KOMIKA (Kobar Smansa Indonesia Merdeka)

Setiap tahun pada tanggal 17 Agustus Indonesia memeringati Hari Kemerdekaan. Pada tahun 2021 ini, kita merayakan HUT ke-76 Republik Indonesia. Oleh karena itu, OSIS SMA Negeri 1 Rembang mengadakan program kerja dengan nama KOMIKA (Kobar SMANSA Indonesia Merdeka) untuk memeriahkan hari kemerdekaan Indonesia. Tujuan diadakannya  kegiatan ini bagi SMA Negeri 1 Rembang yaitu untuk menumbuhkan kesadaran para siswa bahwa kemerdekaan suatu negara merupakan hak asasi manusia, untuk membangkitkan semangat sebagai generasi penerus bangsa yang selalu mempertahankan kemerdekaan, meningkatkan semangat belajar yang giat agar menjadi warga negara yang cerdas dan berpendidikan maju, serta meningkatkan rasa nasionalisme dan patriotisme.

          Kegiatan peringatan HUT Ke-76 RI ini dilaksanakan dengan mengadakan beberapa perlombaan. Perlombaan tersebut yaitu lomba foto model kemerdekaan dan lomba baca puisi kemerdekaan. Kegiatan diawali dengan pembuatan pamflet, juknis, dan kalimat redaksi oleh panitia OSIS. Selanjutnya, pamflet dan juknis tersebut di share pada grup WhatsApp kelas. Kegiatan perlombaan ini dilakukan pada tanggal 16-19 Agustus 2021. Dalam waktu empat hari tersebut, siswa siswi dapat membuat karyanya serta mengumpulkannya.

          Lomba foto model kemerdekaan mengusung tema yang unik. Lomba foto model tersebut bertemakan pakaian nusantara. Karya fotonya juga disertai properti yang bernuansa merah putih sebagai simbol kemerdekaan. Selain itu, lokasi foto dilakukan di tempat-tempat wisata, ikonik, atau gedung-gedung bersejarah yang ada di Kabupaten Rembang. Hal ini dilakukan supaya dalam karya foto ini kami bisa memperkenalkan tempat-tempat yang bagus di Kabupaten Rembang, sehingga nantinya akan membawa dampak yang positif di sektor pariwisata. Dengan demikian, lomba foto model kemerdekaan ini bermanfaat bagi kita semua dalam mengenal pakaian nusantara, semangat kemerdekaan, serta tempat-tempat bersejarah di Kabupaten Rembang.

          Lomba baca puisi juga tak kalah menarik. Puisi yang dibacakan bertemakan perjuangan. Puisi yang telah dibuat oleh pengarang puisi ternama lalu dibaca dengan penghayatan, intonasi, dan vokal yang selaras. Penyajian puisi yang diiringi dengan musik yang cocok dengan tema perjuangan membuat suasana lebih nyata. Pembaca puisi juga menggunakan kostum, aksesoris, dan atribut yang mengandung cirri khas merah putih. Selain itu, pengambilan video dilakukan di alam terbuka, sehingga menampilkan latar belakang alam yang asri.

          Kegiatan perlombaan untuk memeringati Hari Kemerdekaan ini diikuti oleh siswa/siswi SMA Negeri 1 Rembang kelas X, XI, dan XII. Setiap kelas diwakili oleh satu anak untuk masing-masing lomba. Karya yang telah dibuat di unggah di google drive lalu dikirim ke CO perkelas dan juga diunggah ke instagram dengan disertai tagar yang telah ditentukan. Berikut ini dokumentasi peringatan Hari Kemerdekan ke-76 Republik Indonesia :

Leave a comment