Kemah Bakti Masyarakat (Dharma Bakti untuk Suntri)

GugusDepan Rembang 10.125-10.126 Ambalan Kamajaya-Kamaratih Berpangkalan pada SMA Negeri 1 Rembang kembali melaksanakan Kemah Bakti Masyarakat. Kegiatan yang merupakan agenda tahunan ini dilaksanakan pada hari Jumat 17 Januari 2020 sampai dengan Minggu 19 Januari 2020 dengan jumlah panitia sebanyak 70 siswa berada di Dusun Suntri, Desa Gunem, Kecamatan Gunem, Kabupaten Rembang. Kegiatan ini bertujuan untuk membiasakan diri seorang pramuka agar mempunyai rasa simpati dan empati dengan keadaan masyarakat khususnya di Kabupaten Rembang. Ketua panitia M. Ibaneza Bagus Pratama.

Dengan melibatkan warga SMA Negeri 1 Rembang dengan meminta bantuan sembako dan pakaian layak pakai. Anggota Pramuka Gudep 10.125-10.126 merangkai jadwal yang sedemikian rupa hingga bisa mewujudkan tujuan kegiatan tersebut. Diawali datang dilokasi pada pukul 14.00 WIB, panitia langsung menyiapkan segala kelengkapan kegiatan. Pukul 15.00 dengan melibatkan perangkat desa untuk memulai upacara pembukaan. Pukul 17.00 WIB dengan dengan melibatkan warga di Desa Suntri untuk kegiatan syukuran dan nonton bareng di balai desa.

Keesokan harinya, kegiatan dimulai pukul 08.00WIB di Lapangan SD Suntri diadakan kegiatan, yakni kegiatan Bazar Murah. Dengan kupon yang telah dibagikan sebelumnya, warga berhak membeli sembako murah dengan beberapa paket yang telah disediakan oleh panitia. Tidak hanya sembako murah, panitia juga menggelar pakaian murah, alat tulis murah serta sembako dan pakaian gratis dengan syarat tertentu. Kurang dari 2jam, Bazar Murah ludes diserbu warga. Hasil Bazar Murah dengan total 3juta lebih inilah yang nantinya akan panitia sumbangkan dalam bentuk barang ke Desa tersebut. Selain bazar ada pula pengajaran dengan siswa- siswi SD Suntri mulai dari kelas 1 sampai kelas 6.

 

Siangnya, setelah bazar diadakan lomba masak dan membatik. pukul 14.00WIB kembali panitia mengadakan kegiatan cek kesehatan. Kegiatan tersebut sengaja dilaksanakan dengan tujuan supaya warga Desa Suntri bisa tahu kesehatan badannya.

Pukul 16.00 diadakan lomba bagi anak-anak di lapangan belakang SD Suntri. Lomba berlangsung dengan ramai dengan kegiatan Perlombaan antar siswa SD. Malamnya, dilakukan kegiatan KBM Night yang sangat meriah dan warga sangat antusias untuk melihat. Dan itu pula menjadi malam terakhir pada kegiatan KBM di desa Sunti tak cukup itu panitia kembali memberikan begitu banyak Doorprize kepada warga. Ada pentas drama yang berjudul “ Pernikahan Dini” drama tersebut bertujuan supaya masyarakat di sana tidak ada yang melakukan pernikahan di usia dini. Ada juga kegiatan pentas tari yang dilakukan oleh panitia.

 

 

Tibalah di akhir kegiatan pada hari ketiga, Minggu 19 Januari 2020, Memulai kegiatan pada pukul 06.00 WIB yakni kegiatan bersih-bersih. Sejumlah panitia ikut membersihkan lingkungan SD Suntri
.
Akhirnya, pukul 10.00 WIB kegiatan Kemah Bakti Masyarakat Gugusdepan Rembang 10.125-10.126 Ambalan Kamajaya-Kamaratih selesai, ditutup dengan upacara penutupan dan upacara adat. Di upacara penutupan sembari pemberian kenang-kenangan untuk SD Suntri dan untuk Desa Suntri. Penyerahan kenang-kenangan dilakukan oleh Kak Endah Puspita Santi. Kenang-kenangan tersebut diberikan kepada kepala desa dan perwakilan guru dari SD Suntri.

Leave a comment