JUARA 1 DAN 3 ESSAI TINGKAT NASIONAL DI AJANG LOKASI TAHUN 2020

LOKASI merupakan “Lomba Karya Tulis Ilmiah dan Digital Essay” yang diadakan oleh Dipcition Urban Nature. LOKASI pada tahun 2020 ini terdiri dari dua kegiatan perlombaan, yaitu Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) dan Lomba Digital Esai. Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) diperuntukkan untuk mahasiswa aktif di seluruh Indonesia.Sedangkan Lomba Digital Esayy diperuntukkan untuk pelajar tingkat SMA/SMK sederajat seluruh Indonesia. Pendaftarannya dibuka dari tanggal 31 Agustus sampai 20 September 2020.

Tema yang dibawa pada acara LKTI Dipocition 2020 ini adalah “Insan Jaga Buana: Alam Negeri dalam Harmoni” dan memiliki banyak subtema di bidang ekonomi, sosial, lingkungan, dan teknologi. Sebenarnya acara ini memiliki tujuan untuk meningkatkan wawasan mahasiswa terkait konsep “Urban Nature”, mendorong mahasiswa untuk menghasilkan karya-karya serta ide-ide kreatif terkait Urban Nature, mengarahkan pemikiran  mahasiswa dalam membuat perencanaan pembangunan suatu kota di masa mendatang dengan mengusung konsep keberlanjutan serta ramah terhadap lingkungannya. Untuk mengikuti acara ini sendiri sudah ada buku panduannya tersendiri, yang di dalamnya sudah berisikan teknis-teknis dalam mengikuti LOKASI 2020 ini.

Dari SMA Negeri 1 Rembang sendiri memiliki empat perwakilan, yakni Arzeti Azizah Aziz, Dinda Bening, Mutia Maharani, dan Frista Kania Triadi. Dengan bermodal literasi membaca referensi dan pengetahuan yang ada, setiap usaha pasti akan membuahkan hasil. Dengan bersungguh-sungguh membuat essay ini, dua diantaranya dapat menyandang gelar juara. Arzeti Azizah Aziz mendapat juara 1, serta Frista Kania Triadi yang mendapat juara 3. Arzeti, membawakan essai yang berjudul “Mangrove Factory; antara Fungsi dan Edukasi”. Melihat potensi mangrove yang ada di Kabupaten Rembang, menggelitik Arzeti untuk menuangkan dalam sebuah ide. Mimpi besar adanya factory, semacam pabrik yang harapannya bisa memberikan fungsi dan edukasi tentang tanaman rawa ini. Kania, tertarik judul “Peran Green Community-Gerakan Masyarakat Hijau Mewujudkan Kota Hijau Berkelanjutan Dengan Prinsip Triple Function Conservation”. Melihat iklim kelompok masyarakat yang muncul tersebut, Kania tertarik bagaimana keompk tersebut bisa menghasilkan sesuatu yang ramah alam dengan mengangkat tiga pokok fungsikonservasi yakni perbaikan,orientasi penghijauan, dan berbagi informasi.

Besar harapan dengan diraihnya capaian prestasi ini mampu menggerakkan dan menjadipemantik siswa SMA Negeri 1 Rembang untuk semangat menulis dan membudayakan literasi.

Salam Literasi.

Tinggalkan Balasan