Deretan Fakta Unik Upacara 17 Agustus HUT RI ke-78 di Smansa Rembang

Rembang, SmansaRbg- SMA Negeri 1 Rembang menggelar rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Republik Indonesia (RI) pada Kamis (17/8/2023). Rangkaian kegiatan ini diawali dengan uapacara bendera, perlombaan dan ditutup dengan acara tumpengan.

Upacara yang dihadiri oleh seluruh warga SMA Negeri 1 Rembang ini berlangsung secara khidmat. Upacara dipimpin langsung oleh Endang Sri Lestari, selaku kepala sekolah. Pelaksanan peringatan HUT RI kali ini berbeda dengan sebelumnya.

Beberapa fakta menarik lainnya mengiring Upacara Peringatan HUT ke-78 RI. Apa saja? Berikut yang sudah kami rangkum.

1. Petugas bendera sebanyak 9 orang

    Petugas bendera yang biasa berjumlah 3 orang ini, tampak berbeda pada peringatan HUT ke-78 RI. Sebanyak 9 petugas yang menjadi petugas bendera dengan rincian 3 petugas sebagai pengibar bendera dan 6 petugas sebagai pengiring pengibar bendera. Formasi yang disajikan sangat apik denganĀ  bentuk seperti sayap.

    2. Lomba-lomba

    Ada sebanyak 5 cabang lomba yang harus diikuti oleh semua warga smansa. Lomba yang dipertandingkan antara lain estafet karet, estafet sarung, estafet balon, pukul giling, dan futsal. Seluruh warga SMA Negeri 1 Rembang sangat antusias dalam mengikuti lomba tersebut. Pemenangnya pun mendapat hadih.

    3. Tumpengan dan rujakan

    Orang Jawa pasti tidak asing dengan istilah tumpengan. Tumpengan merupakan selamatan yang menyajikan (nasi) tumpeng sebagai makanan utamanya. Harapannya semoga Indonesia semakin jaya. Selain acara tumpengan, masih pada deretan ulang tahun RI, acara yang tidak kalah unik adalah rujakan. Rujak adalah makanan yang dibuat dari buah-buahan kadang disertai sayuran yang diiris (ditumbuk dan sebagainya) kemudian diberi bumbu yang terdiri atas asam, gula, cabai dan sebagainya.

    Dokumentasi:

    Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih dengan membentuk formasi

    Lomba Estafet Sarung Guru dan Murid

    Tumpengan dan Rujakan

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *