Sarana

Fasilitas Auditorium merupakan gedung yang menempati area bagian depan kiri SMA Negeri 1 Rembang. Gedung ini memiliki luas 140 m persegi, dengan lebar 8 m dan panjang 20 m. Gedung dengan pendingin ruangan dan audio yang komprehensif ini dilengkapi panggung dan seperangkat gamelan. Selain dimanfaatkan untuk berbagai jenis kegiatan kesiswaan, gedung ini juga menjadi sentral untuk pelaksanaan agenda-agenda sekolah yang berkaitan dengan pihak luar, seperti pertemuan wali murid, sosialisasi kepolisian, dukcapil dan berbagai soasialisi dari perguruan tinggi.

Perpustakaan sekolah merupakan unsur vital dalam sebuah pendidikan. Ketersedian literasi yang cukup memadai, dan didukung sarana tempat yang representatif Perpustakaan Cakra Buwana SMAN 1 Rembang hadir untuk melayani segala kebutuhan informasi yang diperlukan oleh pemustaka (Guru, Karyawan dan Siswa). Begitu pula implementasi sistem otomasi perpustakaan, serta adanya pustakawan profesional membuat Perpustakaan Cakra Buwana SMAN 1 Rembang menjalankan fungsinya secara optimal.

SMA Negeri 1 Rembang selalu berkomitmen untuk memberikan layanan yang terbaik untuk siswa-siswinya. Salah satu layanan yang menjadi fokus dari pengembangan diri siswa adalah fasilitas pendukung untuk kegiatan keagamaan. Khusus untuk kegiatan keagamaan Islam, SMA Negeri 1 Rembang menyediakan tempat peribadatan berupa Masjid yang kemudian dengan Masjid Sabilul Muttaqien. Masjid ini sebenarnya sudah ada sejak pertama kali SMA Negeri 1 Rembang menempati lokasi di Jl. Gajah Mada No. 5 Rembang. Namun, atas prakarsa dari Penanggung Jawab Masjid, Bapak Tahsinul Fuad, Masjid Sabilul Muttaqin pada tahun 2012 mengalami renovasi besar-besaran sampai selesai tahun 2018. Renovasi ini mendapat dukungan dari banyak pihak, mulai dari Wali Murid, Alumni dan bahkan juga dukungan dari BUMN yakni Bank BTN.

Tahun 2018, bersamaan dengan penyerahan CSR (Corporate Social Responsibility) BTN oleh Direktur BTN Bapak Maryono SE, MM berupa 100 unit PC, Masjid Sabilul Muttaqien SMA Negeri 1 Rembang diresmikan oleh Menristek Dikti Bapak Prof. H. M. Nasir, Ph.D., Ak. dimana kebetulan beliau berdua adalah Alumni SMA Negeri 1 Rembang.

Saat ini Masjid Sabilul Muttaqien aktif dimanfaatkan untuk kegiatan Sholat Jama’ah, sholat Jum’at, tadarus dan bahkan untuk kegiatan pembelajaran.

SMA Negeri 1 Rembang selalu berkomitmen untuk memberikan layanan yang terbaik untuk siswa-siswinya. Salah satu layanan yang menjadi fokus dari pengembangan diri siswa adalah fasilitas pendukung untuk kegiatan kebugaran jasmani.

Oleh sebab itu, sejak 2015 SMA Negeri 1 Rembang melakukan pemugaran yang cukup besar pada fasilitas Lapangan Basket, dimana semula masih terbuka dengan pagar seadanya, dirubah dengan melakukan pergantian pagar dan penambahan atap metal. Selain itu dilakukan pula perbaikan pada lantai lapangan dengan penambalan lubang serta pengecatan.

Dengan ini semua, diharapkan siswa-siswi SMA Negeri Rembang dapat dengan nyaman melaksanakan kegiatan kebugaran jasmani, baik itu yang ada dalam, maupun diluar kegiatan pembelajaran.

Pesatnya perkembangan teknologi dan informasi pada era digital sekarang ini menuntut semua pihak untuk berperan aktif dalam menjaga konten maupun sistem penyebaran informasi secara tepat. Hal tersebut bertujuan agar segala informasi yang tersebar bisa bermanfaat kepada siapapun khususnya seluruh pelajar di SMAN 1 Rembang.

Berbekal Sumber Daya Manusia (SDM) yang cukup kompeten dimasing-masing bidang, SMAN 1 Rembang senantiasa berupaya untuk memberikan kontribusi terbaik kepada seluruh peserta didik serta selalu mencoba menggali potensi melalui berbagai kegiatan. seperti; Penyuluhan, pelatihan, pembelajaran, keikutsertaan dalam lomba-lomba tingkat nasional bahkan internasional kepada setiap siswa. Disamping itu, SMAN 1 Rembang juga terus senantiasa memelihara serta melakukan pengembangan sistem sesuai dengan perubahan zaman agar selalu relevan dengan dunia dan menyipakan bekal ilmu pengetahuan bagi peserta didik di masa yang akan datang.

SMAN 1 Rembang  memiliki beberapa CCTV yang terpasang di setiap kelas-kelas, ruang kantor, maupun sudut strategis. Hal tersebut bertujuan memberikan pengawasan selama 24jam non-stop kepada seluruh warga SMAN 1 Rembang guna menciptakan dan memelihara keamanan di lingkungan sekolah.


SMA Negeri 1 Rembang melengkapi diri dengan berbagai fasilitas laboarotium yang komprehensif. Terdapat 3 buah Lab Komputer, 1 Lab Fisika, 1 Lab Kimia, 1 Lab Biologi, 1 Lab IPS dan 1 Lab PKWu. Masing-masing lab telah dilengkapi perangkat yang memadai dan  fasilitas pendukung, berupa LCD dan AC.

Laboratorium-laboratorium ini secara aktif digunakan untuk proses pembelajaran bagi siswa kelas X, XI dan XII. Selain itu dengan dukungan staf yang berpengalaman pada masing-masing lab, diharapkan seluruh siswa SMA Negeri 1 Rembang mendapat pengalaman belajar yang meyenangkan dan dapat membantu penguasaan materi secara utuh.